Literasi Jurnalisme

By hasim.id - 22.24


Wali Kelas Literasi KNPI-HMI, Hartono Tasir mengundang saya untuk jadi pemateri kelas literasi di Auditorium KH Muhammad Ramly, Kampus Fakultas Teknik Industri UMI, Sabtu (9/9) siang.

Saya tak langsung mengiyakan karena memang kapasitas dan kapabilitas belum mumpuni untuk berbicara literasi media.

Namun, setelah diskusi panjang akhirnya kami sepakat.

Dari semua pemateri mungkin saya yang paling muda.

Meteri dari kelas literasi cukup rumit karena harus mengkaji lebih dalam terkait jurnalisme dari masa ke masa.

Memang butuh, gabungan beberapa buku untuk membuat sebuah materi dan presentasi.

Buku lama pun aku obrak abrik. Mulai dari buku Andreas Harsono, "Agama" Saya adalah Jurnalisme, searching literatur terpercaya.

Membaca beberapa sejarah tokoh jurnalistik dan orang-orang yang berperan dalam perkembangan panjang jurnalisme selama 2.000 tahun lebih.

Itu pun harus saya kemas dalam 60 menit waktu presentasi plus dialog.

Namun, semua sudah selesai meskipun saya merasakan para peserta literasi ini punya banyak pertanyaan.

Ada juga yang saya liat memang masih meraba-raba.

Tapi, memang butuh waktu lama untuk mempelajari literasi jurnalisme yang punya sejarah panjang. (*)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar