Kasihan Laut Makassar, Sampah Plastik Dimana-mana

By hasim.id - 19.34

Memancing di lepas pantai Pulau Barranglompo, Kecamatan Sangkarrang, Kota Makassar.


BARU-baru ini, saya melakukan pemancingan di lepas pantai Makassar.


Saya berangkat dari pelabuhan rakyat di kawasan Paotere, Kecamatan Ujung Tanah, Minggu (5/7/2020).


Saya senang tapi sedih juga melihat pinggiran pelabuhan yang sangat kotor. Airnya hitam, ada berbagai jenis sampah yang mengambang di atas laut.


Sedikit keluar, pembangunan proyek New Port Makassar masih terus dikerjakan.


Setahun yang lalu waktu aku pergi memancing, proyek reklamasinya masih sempit, sekarang sudah hampir menutupi jalan masuk pelabuhan rakyat.


Saya melihat pasir putih yang membentang.


Keluar sedikit air mulai jernih tapi sampah plastik tetap saja mengapung. Sampai pada lokasi pemancingan sampah masih tetap ada.


Kasihan laut kita! Kok bisa-bisanya mereka membuang sampah sembarangan.


Aku dan teman-teman pun meminta mereka untuk tidak membuang sampah ke laut.


Baru-baru ini ada banyak penelitian, sampah plastik itu ada yang berukuran nano meter yang masuk ke perut makhluk air.


Dan itu menjadi makanan untuk kita manusia.(*)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Mari berkomentar dengan santun dan bertanggung jawab!