Arka Menuju Anak Resiliensi

By hasim.id - 20.52

Hari ini, aku keliling berdua bareng Arka, putraku, di berbagai kedai kopi. 
Aku dan Arka. 


Arka nampaknya senang sekali jalan bareng. Yah! Arka baru tiba dari kampung halaman.


Ia sudah tiga bulan di kampung bersama kakek dan neneknya.


Saat ibunya pulang kampung, aku memintanya untuk membawa serta Arka pulang ke rumah dulu.


"Jangan sampai dia lupa Ki, kalau kita ini orang tuanya," kata dengan nada bercanda ke Yuyu, istriku.


Singkat cerita, Arka pun langsung turun ke Makassar.


Dua hari di Makassar, Arka pun aku ajak jalan-jalan.


Selain itu, aku membelikannya tiga pasang baju.


Baju-baju dia sudah lama semua. Selain itu, aku ajak dia keliling.


Arka sangat tertarik dengan semua yang aku datangi bersama.


"Ayah...Ayah...Ayah... Mau itu, mau ini..," pinta Arka.


Dia memang sangat gemar untuk memakan sesuatu.


Mungkin umurnya yang memang suka mencoba sesuatu.


Kadang aku turuti. Kadang pula aku berikan pemahaman mengapa barang itu jangan dulu dibeli.


Dalam usia anak tiga tahun menurut, orang tua harus mampu membentuk anaknya untuk menjadi Resiliensi.


Resiliensi merupakan kemampuan untuk menghadapi tantangan serta memiliki mental untuk bangkit jika menemui kegagalan.


Aku mengenalkannya dengan berbagai hal untuk mengajarkannya tahu banyak sesuatu.


Karena di masa depan, manusia modern harus tahu banyak hal.


Aku meminta tinggal di kampung supaya dia banyak belajar untuk terampil dari kakeknya.


Bisa mengolah pangan, berkebun dan mengerjakan hal-hal lain di rumah.


Minimal, Arka melihat terlebih dahulu, kemudian dia mencontoh.(*)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Mari berkomentar dengan santun dan bertanggung jawab!