Aku dan Skripsiku (1)

By Hamidah Foundation - 05.34

Sudah hampir satu semester Aku mengurus skripsiku. 


Lumayanlah, sekarang sudah ada tandatangan kedua pembimbing. Ayahanda DR Firdaus telah memberikan persetujuannya meski merasa masih kurang puas dengan proposal yang kuajukan. Ibunda Andi Faridah S.Si, M.Si sudah meneken tanda tangan setelah tiga kali bolak balik konsultasi di ruangnya. 

Tak ada kendala berarti. Semuanya aman. Tak ada komentar pedas dari pembimbingku. Namun tantangan akhirnya tiba saat aku mengajukan seminar proposal kepada ketua program studi Pendidikan Biologi Ibunda Dr. Andi Asmawati Azis, M.Si. 

Ia menuliskan nama-nama yang membuat saya kelimpungan dan was-was.

Ayahanda Drs. Adnan, M.S dan Dr. A. Mushawwir Thayyeb M.Si akan menjadi pembahas di seminar proposalku nanti. Kedua orang ini saya anggap mempunyai loyalitas, kapabilitas dan integritas yang tinggi terhadap pendidikan biologi. Tak ada yang tak mengenal dan takjub dengan disiplin ilmu mereka. 

Ayahanda Drs. Adnan, M.S telah bergelut di bidang Biologi dan Pendidikan selama lebih dari 20 tahun. Mantan Ketua Prodi Pendidikan Biologi dua periode. 

Begitupun dengan Ayahanda Dr. A. Mushawwir Thayyeb M.Si adalah dosen biologi yang mempunyai jam mengajar tinggi selama lebih dari 20 tahun selama ini. Ketua Jurusan Biologi sekarang.

Tak ada jalan lain selain belajar yang giat. Aku tak mau mengecewakan pembimbingku. Aku tak mau diam jika ditanya oleh pembahas tentang isi proposalku. 

Buku metode penelitianpun Aku baca. Pertama buku metode penelitian pendidikan karangan Prof. Dr. Sugiyono. Setelah buku, aku coba merambah internet. Aku temukan referensi yang menarik. 

Blog milik Dr. Jackson Pasini Mairing yang pertama. Beliau dosen Universitas Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

Aku temukan jawaban-jawaban yang rasional mengenai pertanyaan yang ada dalam benakku. Aku harus mengejar seminar proposal bulan Desember ini. Materi yang kuambil adanya bulan Januari. Waktu makin mepet. Meski bergegas tak ada waktu santai. (*)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar